SELAMAT DATANG di Blog Saya, JENNY PRIMANITA D.. Semoga blog saya dapat bermanfaat untuk kalian... :-)

Sabtu, 18 September 2010

RPP FISIKA SMA KELAS XII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XII/1 (satu)
Pertemuan ke- :
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah
Kompetensi Dasar : Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi
Indikator : - Membuat ulasan penerapan efek Doppler untuk gelombang bunyi, misalnya pada SONAR.
- Membuat ulasan penerapan gelombang bunyi pada pengujian tak merusak (NDT-nondestructive testing).

I. Tujuan Pembelajaran
 Siswa dapat mengaplikasikan penerapan dari gelombang bunyi pada kehidupan sehari-hari.
 Siswa dapat memahami bagaimana prinsip kerja dari alat-alat kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan gelombang bunyi.
II. Materi Ajar
Aplikasi gelombang bunyi pada SONAR dan pengujian tak merusak (NDT).
III. Metode Pembelajaran
1. Informasi/Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam dan menanyakan kabar murid. Kemudian guru mengulas sedikit tentang pelajaran yang telah lalu dan materi pelajaran yang akan dipelajari.

b. Kegiatan Inti
 Guru memberikan informasi tentang penerapan gelombang bunyi pada teknologi dengan bantuan software agar siswa lebih mengerti.
 Guru membawa beberapa alat yang menggunakan gelombang bunyi, seperti kamera
 Guru membentuk kelompok diskusi sebanyak 4 orang satu kelompok.
 Guru memberikan tugas kepada kelompok untuk mencari teknologi apa saja yang berhubungan dengan gelombang bunyi yang kemudian di diskusikan
 Guru membuka diskusi yang diteruskan dengan setiap kelompok maju ke depan kelas untuk mempresentasikan hasil diskusi.
 Guru membuka sesi tanya jawab setelah semua kelompok maju dan memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab pertanyaan dari siswa lain.
 Guru memberikan kesimpulan hasil belajar pada hari ini.
 Guru memberikan soal-soal latihan (kuis).

c. Kegiatan Akhir
Guru menutup proses pembelajaran dengan membahas soal-soal latihan (kuis) dan memberi penekanan materi serta mempersiapkan diri untuk pertemuan berikutnya.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat/Bahan : Kamera
Sumber : Buku Fisika kelas 3 SMA.
Sarana/Media : Slide, Software (flash).
VI. Penilaian
1. Kuis tertulis
2. Pengamatan aktivitas, sikap,dan tingkah laku siswa dalam pembelajaran pada saat tanya jawab atau diskusi di dalam kelas
3. Penilaian tugas mandiri dan kelompok

Contoh Soal Kuis:
1. Jelaskan cara kerja SONAR dan sebutkan salah satu penggunaan SONAR pada teknologi!
2. Apa yang dimaksud dengan non-destructive testing (NDT)? Sebutkan salah satu penggunaan dari NDT!
3. Pulsa-pulsa ultrasonik akan dipantulkan ketika mengenai suatu dinding yang memiliki perbedaan massa jenis (B/S).

Jawaban Soal Kuis:
1. Cara kerja SONAR adalah dengan cara memantulkan sebuah sinyal untuk mendeteksi sesuatu hal dan kemudian sinyal tersebut diterima sebagai data hasil pengukuran. Sebagai contoh, aplikasi pada pengukuran kedalaman laut. Dalam prosesnya adalah, SONAR mengirimkan sinyal dan kemudian menangkapnya berupa data yang menunjukkan bukan hanya kedalaman laut, tetapi bentuk dasar laut dan berbagai macam ikan yang ada di bawahnya.
2. Non-destructive testing atau NDT adalah sebutan untuk sebuah pengujian yang menggunakan alat seperti ultrasonografi. Dimana dalam pengujian ini ultrasonic yang dikirimkan sebagai sinyal untuk melihat perkembangan janin, tidak akan merusak jaringan atau sel-sel tubuh yang dilewatinya dalam pengiriman sinyal tersebut.
3. Benar.

...................., ................................. 2010

Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Fisika




________________ _________________
NIP: NIP:



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XII/1 (satu)
Pertemuan ke- :
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah
Kompetensi Dasar : Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi
Indikator : - Menjelaskan peristiwa fisika yang dapat menyebabkan peristiwa polarisasi cahaya.
- Menjelaskan aplikasi efek Doppler seperti pada RADAR.

I. Tujuan Pembelajaran
 Siswa dapat mengaplikasikan penerapan dari gelombang cahaya pada kehidupan sehari-hari.
 Siswa dapat memahami bagaimana prinsip kerja dari alat-alat kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan gelombang cahaya.
II. Materi Ajar
Aplikasi gelombang cahaya pada peristiwa polarisasi cahaya dan aplikasi dari efek Doppler.
III. Metode Pembelajaran
1. Informasi/Ceramah
2. Eksperimen Sederhana
3. Diskusi
4. Tanya Jawab
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam dan menanyakan kabar murid. Kemudian guru mengulas sedikit tentang pelajaran yang telah lalu dan materi pelajaran yang akan dipelajari.

b. Kegiatan Inti
 Guru memberikan informasi tentang penerapan gelombang cahaya pada teknologi dengan bantuan software agar siswa lebih mengerti.
 Guru membentuk kelompok diskusi sebanyak 4 orang satu kelompok.
 Guru menjelaskan tata cara dalam eksperimen dan apa yang akan di amati dalam eksperimen tersebut.
 Guru membagikan soal-soal eksperimen kepada siswa.
 Guru mengamati siswa dalam eksperimen dan membantu siswa jika siswa kesulitan serta siswa diberi kesempatan untuk mengisi LKS.
 Guru membuka diskusi yang diteruskan dengan setiap kelompok maju ke depan kelas untuk mempresentasikan hasil eksperimen.
 Guru membuka sesi tanya jawab setelah semua kelompok maju dan memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab pertanyaan dari siswa lain, jika siswa tidak ada yang menjawab, maka guru yang menjawab dan menjelaskan kepada siswa.
 Guru memberikan kesimpulan hasil belajar pada hari ini.

c. Kegiatan Akhir
Guru menutup proses pembelajaran dengan membahas hasil eksperimen dan memberi penekanan materi serta mempersiapkan diri untuk pertemuan berikutnya.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat/Bahan : oli, air, keeping kaca, kertas hitam, senter.
Sumber : Buku Fisika kelas 3 SMA.
Sarana/Media : Slide, Software (flash).
VI. Penilaian
1. Soal-soal latihan (berhubungan dengan eksperimen).
2. Pengamatan aktivitas, sikap,dan tingkah laku siswa dalam pembelajaran pada saat tanya jawab atau diskusi di dalam kelas
3. Penilaian tugas mandiri dan kelompok

Contoh LKS:
1. Apakah Anda dapat melihat pola interferensi dari berbagai warna di bawah cahaya putih?
2. Bagaimana pola ini berubah jika Anda menutupi senter dengan selembar kertas kaca (selopan) merah, biru, atau hijau yang bertindak sebagai filter?
3. Bagaimana pola interferensi ini dapat terbentuk?

...................., ................................. 2010

Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Fisika




________________ _________________
NIP: NIP:



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XII/1 (satu)
Pertemuan ke- :
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.
Kompetensi Dasar : Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik serta penerapannya pada keeping sejajar.
Indikator : - Memformulasikan hukum Coulomb
- Memformulasikan medan listrik oleh distribusi muatan listrik.

I. Tujuan Pembelajaran
 Siswa dapat mengetahui pengertian gaya listrik, muatan listrik dan sifat-sifatnya.
 Siswa dapat memformulasikan hukum Coulomb.
 Siswa dapat mengetahui pengertian medan listrik dan pengaruhnya dengan gaya listrik.
 Siswa dapat memformulasikan medan listrik oleh distribusi muatan listrik.
II. Materi Ajar
Gaya Listrik
Medan Listrik
III. Metode Pembelajaran
1. Informasi/Ceramah
2. Eksperimen Sederhana
3. Diskusi
4. Tanya Jawab
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam dan menanyakan kabar murid. Kemudian guru melakukan percobaan sederhana tentang listrik statis (tanpa memberikan penjelasan sebelumnya) agar siswa lebih tertarik dalam belajar.

b. Kegiatan Inti
 Guru menjelaskan pengertian, sifat-sifat, dan penyebab terjadinya muatan listrik.
 Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya masing-masing tentang percobaan pada awal pelajaran.
 Guru mendiskusikannya kepada siswa dan kemudian guru menjelaskan percobaan tersebut dan hubungannya dengan materi yang telah diberikan.
 Guru melanjutkan pelajaran dengan memformulasikan gaya listrik dengan partisipasi dari siswa.
 Guru menjelaskan pengertian medan lsitrik dan memformulasikannya.
 Guru memberikan beberapa soal hitungan dan kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakannya di depan kelas dan menjelaskannya.

c. Kegiatan Akhir
Guru menutup proses pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk menyimpulkan pelajaran yang telah di dapat pada pertemuan ini. Kemudian Guru memberikan pertanyaan lisan yang ringan mengenai pembelajaran hari ini sebelum keluar dari kelas.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat/Bahan : Sisir Plastik, Benang Wol.
Sumber : Buku Fisika kelas 3 SMA.
Sarana/Media : White board, slide.
VI. Penilaian
1. Kuis Lisan
2. Soal-soal latihan yang dikerjakan siswa di depan kelas.
3. Pengamatan aktivitas, sikap,dan tingkah laku siswa dalam pembelajaran pada saat tanya jawab atau diskusi di dalam kelas

Contoh Kuis Lisan:
1. Apa yang dimaksud dengan gaya listrik?
2. Sebutkan muatan-muatan listrik dan bagaimana jika kedua muatan tersebut bertemu?
3. Apa yang dimaksud dengan medan listrik dan bagaimana hubungannya pada vektor kuat medan listrik?

...................., ................................. 2010

Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Fisika




________________ _________________
NIP: NIP:



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XII/1 (satu)
Pertemuan ke- :
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.
Kompetensi Dasar : Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik serta penerapannya pada keeping sejajar.
Indikator : - Memformulasikan hukum Gauss
- Mengaplikasikan hukum Coulomb dan Gauss untuk mencari medan listrik bagi distribusi muatan kontinu.

I. Tujuan Pembelajaran
 Siswa dapat memahami garis-garis listrik.
 Siswa dapat memformulasikan hukum Gauss.
 Siswa dapat mengaplikasikan hukum Coulomb dan Gauss untuk mencari medan listrik bagi distribusi muatan kontinu.
II. Materi Ajar
Hukum Gauss
III. Metode Pembelajaran
1. Informasi/Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam dan menanyakan kabar murid. Kemudian guru mengulas sedikit tentang pelajaran yang telah lalu dan materi pelajaran yang akan dipelajari.

b. Kegiatan Inti
 Guru menjelaskan pengertian, sifat-sifat, dan penyebab terjadinya garis-garis listrik.
 Guru memformulasikan hukum Gauss dengan partisipasi dari siswa.
 Guru menjelaskan aplikasi dari hukum Coulomb dan Gauss yang dapat di gunakan untuk mencari medan listrik bagi distribusi muatan kontinu..
 Guru memberikan beberapa soal hitungan dan kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakannya di depan kelas dan menjelaskannya.

c. Kegiatan Akhir
Guru menutup proses pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk menyimpulkan pelajaran yang telah di dapat pada pertemuan ini dan memberi penekanan materi serta mempersiapkan diri untuk pertemuan berikutnya.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Sumber : Buku Fisika kelas 3 SMA.
Sarana/Media : White board, slide.
VI. Penilaian
1. Soal-soal latihan yang dikerjakan siswa di depan kelas.
2. Pengamatan aktivitas, sikap,dan tingkah laku siswa dalam pembelajaran pada saat tanya jawab atau diskusi di dalam kelas

...................., ................................. 2010

Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Fisika




________________ _________________
NIP: NIP:



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XII/1 (satu)
Pertemuan ke- :
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.
Kompetensi Dasar : Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik serta penerapannya pada keeping sejajar.
Indikator : - Memformulasikan potensial listrik dan kaitannya dengan medan listrik.
- Menemukan potensial listrik oleh distribusi muatan titik dan kontinu
- Memformulasikan energi potensial listrik dan kaitannya dengan gaya/medan listrik dan potensial listrik.
- Menentukan beda energi potensial antara dua titik dalam medan listrik

I. Tujuan Pembelajaran
 Siswa dapat mengetahui pengertian potensial listrik dan siswa dapat memformulasikan potensial listrik.
 Siswa dapat menemukan perumusan potensial listrik oleh distribusi muatan titik dan kontinu.
 Siswa dapat memformulasikan energi potensial listrik dan kaitannya dengan gaya/medan listrik dan potensial listrik.
 Siswa dapat menentukan beda energi potensial antara dua titik dalam medan listrik.
II. Materi Ajar
Potensial Listrik
III. Metode Pembelajaran
1. Informasi/Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam dan menanyakan kabar murid. Kemudian guru mengulas sedikit tentang pelajaran yang telah lalu dan materi pelajaran yang akan dipelajari.

b. Kegiatan Inti
 Guru menjelaskan pengertian potensial listrik dan memformulasikan dengan bantuan partisipasi dari siswa.
 Guru menjelaskan dan memformulasikan beda potensial listrik.
 Guru menjelaskan muatan pada satu dan beberapa sumber muatan titik.
 Guru memberikan contoh soal dan beberapa soal latihan.
 Guru menjelaskan sekilas tentang hubungan potensial listrik dengan medan listrik pada konduktor dua keping sejajar dan konduktor bola berongga.
 Guru membentuk kelompok diskusi 4 orang dalam setiap kelompok di dalam 2 kelompok besar (Kelompok 1 membahas konduktor dua keping sejajar dan Kelompok 2 membahas konduktor bola berongga).
 Guru memberikan tugas pada setiap kelompok untuk memformulasikan potensial listrik pada konduktor dua keping sejajar dan konduktor bola berongga.
 Guru memperhatikan diskusi dan membantu siswa jika siswa kesulitan.
 Guru memberi kesempatan kepada perwakilan dari masing-masing kelompok besar untuk menjelaskan hasil diskusi ke depan kelas.
 Guru memberi kesempatan kepada siswa lain untuk bertanya, jika siswa tidak dapat menjawab, guru dapat membantu.
 Guru memberikan beberapa soal hitungan dan kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakannya di depan kelas dan menjelaskannya.

c. Kegiatan Akhir
Guru menutup proses pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk menyimpulkan pelajaran yang telah di dapat pada pertemuan ini dan memberi penekanan materi serta mempersiapkan diri untuk pertemuan berikutnya.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Sumber : Buku Fisika kelas 3 SMA.
Sarana/Media : White board, slide.
VI. Penilaian
1. Soal-soal latihan yang dikerjakan siswa di depan kelas.
2. Pengamatan aktivitas, sikap,dan tingkah laku siswa dalam pembelajaran pada saat tanya jawab atau diskusi di dalam kelas.
3. Paper hasil diskusi kelompok.

...................., ................................. 2010

Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Fisika




________________ _________________
NIP: NIP:



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XII/1 (satu)
Pertemuan ke- :
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.
Kompetensi Dasar : Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik serta penerapannya pada keeping sejajar.
Indikator : - Memformulasikan cara kerja kapasitor keping sejajar.
- Menentukan energi yang tersimpan di dalam kapasitor yang bermuatan.

I. Tujuan Pembelajaran
 Siswa dapat mengetahui pengertian, wujud dan fungsi kapasitor.
 Siswa dapat memformulasikan cara kerja kapasitor keping sejajar.
 Siswa dapat mengetahui bagaimana cara memuati suatu kapasitor.
 Siswa dapat menentukan energi yang tersimpan di dalam kapasitor yang bermuatan.
II. Materi Ajar
Kapasitor
III. Metode Pembelajaran
1. Informasi/Ceramah
2. Eksperimen Sederhana
3. Diskusi
4. Tanya Jawab
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam dan menanyakan kabar murid. Kemudian guru mengulas sedikit tentang pelajaran yang telah lalu dan materi pelajaran yang akan dipelajari.

b. Kegiatan Inti
 Guru menceritakan tentang awal penemuan dari kapasitor dan penemunya.
 Guru menjelaskan pengertian dan jenis-jenis dari kapasitor
 Guru memberikan contoh bentuk dari kapasitor dengan membawa kapasitor dengan kapasitas tertentu.
 Guru memformulasikan kapasitas kapasitor dengan bantuan siswa.
 Guru menjelaskan bagaimana cara memuati kapasitor.
 Guru menjelaskan energi yang tersimpan dalam kapasitor yang bermuatan.
 Guru membentuk kelompok diskusi 4 orang tiap kelompok untuk melakukan eksperimen.
 Guru membimbing siswa dalam eksperimen tentang pemuatan kapasitor.
 Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya masing-masing tentang eksperimen yang telah dilakukan.
 Guru mendiskusikannya kepada siswa dan kemudian guru menjelaskan percobaan tersebut dan hubungannya dengan materi yang telah diberikan.

c. Kegiatan Akhir
Guru menutup proses pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk menyimpulkan pelajaran yang telah di dapat pada pertemuan ini. Kemudian Guru memberikan kuis tertulis mengenai pembelajaran hari ini sebelum keluar dari kelas.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat/Bahan : Kapasitor, Sakelar, Galvanometer.
Sumber : Buku Fisika kelas 3 SMA.
Sarana/Media : White board, slide.
VI. Penilaian
1. Hasil pengamatan dan diskusi saat eksperimen.
4. Pengamatan aktivitas, sikap,dan tingkah laku siswa dalam pembelajaran pada saat tanya jawab atau diskusi di dalam kelas.
5. Kuis tertulis.

Contoh Kuis Tertulis:
1. Satuan dari kapsitas kapasitor adalah.... .
2. Seorang teknisi ingin membuat sebuah kapasitor keping sejajar dengan menggunakan suatu keping sejajar dengan menggunakan suatu bahan yang memiliki permitivitas relatif 200 sebagai dielektrik. Jika luas keping 4,00 cm dan tebal bahan dielektrik 2,00 mm, maka kapasitas yang dihasilkan adalah... .
3. Sebuah konduktor keping sejajar yang tiap kepingnya berbentuk persegi dengan panjang sisi 20 cm, diberi muatan 8 µC. Hitung:
a. Rapat muatan listrik tiap keping
b. Besar kuat medan listrik dalam ruang diantara kedua keping ( = 8,85 × 10-12 dalam SI)
4. Kapastitor dapat menghantarkan listrik searah, benar atau salah?
5. Kapasitor dapat menyimpan arus listrik, benar atau salah?

Jawaban Kuis Tertulis:
1. Farad
2. 3,54 pF
3. σ = 2×10-4 C/m2 dan E = 2,259×107 N/C
4. Salah
5. Salah

...................., ................................. 2010

Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Fisika




________________ _________________
NIP: NIP:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar